banner 1477x739

Ketua DPRD Sumsel Hadiri Pembukaan Sriwijaya Lantern Festival 2023

PALEMBANG,RBK | Malam yang penuh cahaya dan keceriaan terpancar di Lapangan Sekolah Maitreyawira Palembang saat Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH, meresmikan Sriwijaya Lantern Festival 2023 (11/8/2023). Acara yang diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 ini berhasil menyatukan beragam tradisi dan budaya dalam cahaya gemerlap lampion.

“Sriwijaya Lantern Festival adalah bukti nyata keberagaman budaya yang memperkaya semangat persatuan di Indonesia. Melalui cahaya lampion, kita merayakan kedekatan kita sebagai bangsa yang beranekaragam.” kata Anita.

Sriwijaya Lantern Festival merupakan sebuah perayaan unik yang menggabungkan keindahan dan makna mendalam dari tradisi lampion Tionghoa, yang telah menjadi bagian penting dari budaya Indonesia selama ribuan tahun. Tradisi ini, yang juga dikenal dengan nama Deng Cai, merujuk pada kerajinan tangan Tionghoa kuno yang memadukan seni dan keterampilan dalam menciptakan lampion indah.

Baca Juga  Astra Motor Sumsel Bersama Telkom Akses Kampanyekan #Cari_Aman

Acara yang dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat ini mengundang decak kagum dari para pengunjung. Ribuan lampion berwarna-warni dengan desain yang artistik tergantung di atas area perayaan, menciptakan panorama yang begitu memukau. Cahaya lembut dari lampion-lampion ini dipadukan dengan pertunjukan seni tradisional dan modern yang menambah semarak suasana.

Sriwijaya Lantern Festival bukan hanya menghadirkan keindahan visual, tetapi juga menyimpan makna mendalam. Melalui lampion-lampion yang dinyalakan, festival ini melambangkan harapan dan cahaya dalam menghadapi masa depan yang cerah. Pesan tersebut sejalan dengan semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan dan mewujudkan cita-cita bersama.

Baca Juga  Ketua DPRD Sumsel Lakukan Kunjungan Kerja ke BPD DIY untuk Koordinasi Sistim KUR

Dalam keterangannya, Ketua DPRD Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH, menyampaikan apresiasinya terhadap perayaan yang mempersatukan nilai-nilai budaya Indonesia dan Tionghoa ini. “Semoga Sriwijaya Lantern Festival terus menjadi wadah bagi berbagai budaya untuk bersatu dan merayakan keberagaman yang ada di tanah air kita,” ujarnya.

Perayaan ini akan berlangsung selama satu minggu penuh, menghadirkan beragam kegiatan seperti pameran seni, pertunjukan musik dan tari, serta stan kuliner yang menyajikan hidangan lezat dari berbagai daerah. Seluruh kegiatan tersebut diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dan menghargai keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia.

Baca Juga  HD Kukuhkan Komisaris dan Direktur Baru PT BSB

Sriwijaya Lantern Festival 2023 tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga memupuk rasa cinta tanah air dan persatuan dalam keberagaman. Dengan sinar lampion yang menerangi malam, semangat perjuangan dan kebersamaan terus menyala, mengingatkan kita akan perjalanan panjang bangsa Indonesia menuju kemerdekaan dan kemajuan.