banner 1477x739

Ini Harga Baru Pertalite, Solar dan Pertamax

JAKARTA,RBK – Setelah isu santer bakal ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa pekan terakhir akhirnya terjawab dengan hari ini, Sabtu (3/9) pemerintah mengumumkan kenaikan BBM, mulai dari pertalite, solar subsidi hingga pertamax.

Menteri ESDM Arifin Tasrif selanjutnya menjabarkan penyesuaian harga BBM terbaru mulai sore nanti yakni sebagai berikut:

Harga Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Harga Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter. Harga Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter

Baca Juga  Reses Tahap I Tahun 2024 Anggota DPRD Sumsel Dapil Sumsel II Ke UPTB Samsat Palembang

“Harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB,”terang Menteri ESDM

Presiden menerangkan bila pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit.

“Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini subsidi akan alami penyesuaian,” kata Jokowi dalam Konferensi Pers Presiden Jokowi dan Menteri Terkait perihal Pengalihan Subsidi BBM ditayangkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9).

Jokowi mengatakan, anggaran subsidi pemerintah sudah meningkat 3 kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus. Lebih dari 70% subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil pribadi.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Kukuhkan Pengurus PWRI Sumsel

“Mestinya uang pemerintah itu diberikan untuk subsidi bagi masyarakat kurang mampu. Subsidi harus menguntungkan masyarakat kurang mampu,” kata Jokowi.(Mn)