banner 1477x739

Buat Form, Jefri Kelabui Pedagang Nasi Uduk

PALEMBANG,RBK – Datang bersama anggota kepolisian Polsek Sukarami dan TNI, Litundzira (28) warga Jalan Soak Permai, Kelurahan Sukarami, Rabu (17/8) mendatangi SPKT Polrestabes Palembang.
Bukan tanpa sebab satu pelaku penipuan masuk kerja di Angkasa Pura II bernama Jefri (31) diringkus dari kost-annya yang berada di Jalan Sukabangun 2 Palembang, Selasa (16/8) siang dan diserahkan ke Polrestabes Palembang.

“Ceritanya dua pekan lalu pelaku ini beli nasi uduk di tempat saya. Lalu menawarkan kalau dia bisa bantu masuk kerja ke Angkasa Pura dengan mengisi form dan uang Rp 250 ribu., ” ujarnya kepada awak media, Rabu (17/8).

Merasa tertarik dengan tawaran pelaku, kemudian korban menghubungi pelaku lewat nomor whatsapps yang diberikan pelaku saat makan nasi uduk ditempatnya. Lalu korban menerima form dan mentransfer uang 250 ribu ditambah dengan uang 50 ribu ke rekening pelaku.

Setelah mengirimkan form korban mencoba menghubungi nomor WhatsApp lain yang menawarkan jasa yang sama dan nomor yang tertera juga nomor pelaku Jefri. Korban pun mencari tahu ke PT Angkasa Pura II. Dan benar saja pelaku bukanlah orang yang bekerja di perusahaan penerbangan tersebut.

“Karena pas saya telepon nomor yang disebut pelaku sebagai Iwan yang kerja di PT Angkasa Pura suaranya mirip dengan pelaku. Terus saya cari tahu sendiri nama Iwan itu, memang ada tapi sudah pensiun,”Katanya.

Sontak, kejadian tersebut membuat korban terpukul dan berinisiatif untuk menjebak pelaku dan melaporkan tindakkan pelaku ke pihak berwajib.

“Korbannya setelah diintrogasi oleh polisi tidak cuma saya tapi masih ada 4 orang dan sejumlah orang lainnya yang menjadi korban,”katanya.

Sementara Jefri mengaku, jika dirinya belajar secara otodidak untuk membuat form pendaftaran palsu. Ia juga mendapatkan ide tersebut karena memiliki kenalan dari tetangga kost-annya saja.

“Belajar sendiri ngedit form-nya. Saya butuh uang untuk keperluan pribadi dan bayar hutang, Untuk uanggnya sendiri saya gunakan untuk membayar hutang,”katanya.

Hingga Kini pelaku dibawa ke ruang riksa Reskrim Polrestabes Palembang untuk diperiksa lebih lanjut.(km)

error: Content is protected !!