banner 1477x739

Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT Kabupaten Banyuasin Ke-21 Berlangsung Khidmat

PANGKALAN BALAI,RBK – Pemerintah Kabupaten Banyuasin melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Banyuasin dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Banyuasin Ke-21 Tahun 2023 digelar di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Banyuasin, Senin (10/4).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Irian Setiawan, SH.,MH didampingi Wakil Bupati Banyuasin, Wakil Ketua DPRD l, Waka ll, dan Waka lll, serta para Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin, Kajari Banyuasin, Dandim 0430, Kapolres Banyuasin, Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Balai, Plt Ketua TP-PKK Kabupaten Banyuasin, Para Asisten, Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati, Para Kepala OPD Pemkab Banyuasin.

Peringatan HUT Kabupaten Banyuasin dihadiri langsung Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, Anggota DPRD Provinsi Sumsel M. Yaser, SE, Antoni Yuzar, Pangdam ll Sriwijaya diwakili Pamen Ahli Bidang Idiologi Politik, Danrem 044/Gapo diwakili Kasi Pers, Kabinda Sumsel diwakili Kabagops Binda Sumsel, Wadir Polairud Polda Sumsel, Danlanal diwakili paurwat BK, Para Kepala OPD Pemprov Sumsel, Bupati dan Walikota Se-Sumsel, Bupati Tanjung Jabung Timur diwakili Kepala DLH.

Baca Juga  Ketua DPRD Prov Sumsel,R.A. Anita Noeringhati Hadiri Penanaman Perdana Pohon Melon Inthanon

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Provinsi Sumsel beserta seluruh tamu undangan dalam rangka menghadiri peringatan ulang tahun Kabupaten Banyuasin yang telah menginjak usia 21 tahun.

Beliau menjelaskan capaian yang telah berhasil diraih selama kemimpinan mereka berdua berupa indikator keberhasilan meliputi:
1. Penurunan angka kemiskinan, dalam hal ini angka kemiskinan Kabupaten Banyuasin mengalami penurunan dari 10,75% pada tahun 2021 turun menjadi 10,00% ditahun 2022
2. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Banyuasin meningkat, dari 67,13% pada tahun 2021 menjadi 67,83% di tahun 2022
3. Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Banyuasin pada tahun 2022 tumbuh 5,32%, meningkat jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 sebesar 3,84%
4. Berdasarkan nilai PDRB Kabupaten Banyuasin meningkat dari 30,99 juta rupiah di tahun 2021 menjadi 34,44 juta rupiah di tahun 2022
5. Tingkat pengangguran terbuka menurun dari 3,84% di tahun 2021 menjadi 3,39% ditahun 2022.

Baca Juga  Ketua DPRD Sumsel Audiensi Bersama Masyarakat Banyuasin Di Palembang

Selain indikator tersebut, dalam hal pelaporan keuangan Kabupaten Banyuasin berhasil mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 11 (sebelas) kali berturut-turut dalam 1 dekade terakhir.

Tentu apa yang telah diraih merupakan kerja bersama dan tidak lepas dari dukungan
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang telah mendukung secara moril maupun materil. Ucapan terima kasih dihaturkan beliau langsung kepada Gubernur Sumsel,Herman Deru.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumsel H. Herman Deru, SH.,MM mengucapkan selamat ulang tahun ke-21 untuk Kabupaten Banyuasin, semoga kedepannya tetap mengevaluasi apa yang telah direncanakan kedepan dan apa saja yang telah dicapai. Dimana pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini telah bisa menghasilkan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Baca Juga  Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hadiri Grand Opening Agrowisata Tekno-44 Oleh KSAD

Untuk mengukur keberhasilan dalam upaya pembangunan kualitas hidup manusia dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dimana pada tahun 2018-2023 indeks pembangunan masyarakat Banyuasin naik dan angka kemiskinan turun.

“Melalui massa kerja Bupati dan Wabup Banyuasin hampir 5 (lima) ini tentunya masyarakat telah merasakan perbaikan jalan disemua wilayah termasuk daerah perairan, terkaitnya pembangunan tentunya harus tetap bekerjasama dengan pemerintah pusat dan provinsi agar bisa saling bergotong royong membangun daerah.

Harapan kedepan semoga apapun yang ingin dikerjakan Pemkab Banyuasin akan kita tetap dukung terutama disektor pertanian karena lahan yang dimiliki Kabupaten Banyuasin sangat luas,” ungkapnya. (Diskominfo/IKP).