banner 1477x739

Ketua DPRD Sumsel Hadiri Open Base Jalak Sakti di Lanud SMH Palembang

RBK — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., menghadiri acara Open Base Jalak Sakti yang digelar di Apron Baseops Pangkalan Udara (Lanud) Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang. Acara yang berlangsung pada hari Sabtu (08/06/2024) dihadiri oleh sejumlah tokoh penting dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Anita Noeringhati menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. “Kegiatan Open Base Jalak Sakti ini bukan hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan TNI Angkatan Udara kepada masyarakat, tetapi juga sebagai bentuk transparansi dan kedekatan antara militer dengan warga. Saya berharap acara seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi agenda rutin,” ujarnya.

Open Base Jalak Sakti diselenggarakan dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara TNI Angkatan Udara dengan masyarakat. Dalam acara ini, masyarakat diberi kesempatan untuk melihat lebih dekat berbagai peralatan dan alutsista yang dimiliki oleh Lanud SMH Palembang. Selain itu, terdapat pula berbagai kegiatan menarik seperti simulasi penerbangan, pameran pesawat, dan pertunjukan keterampilan personel TNI AU.

Baca Juga  Kedatangan Capres di Palembang, Emak-Emak Ajari Ganjar Bikin Kue Maksuba

Komandan Lanud SMH Palembang, Kolonel Pnb. Agus Setiawan, menyatakan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya TNI AU untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. “Kami ingin masyarakat mengetahui dan memahami peran serta fungsi TNI AU dalam menjaga kedaulatan negara. Open Base ini juga sebagai bentuk rasa terima kasih kami kepada masyarakat yang selalu mendukung tugas-tugas TNI AU,” jelas Agus Setiawan.

Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya pengunjung yang hadir, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan yang disediakan. Salah satu pengunjung, Bapak Ahmad, mengaku senang bisa membawa keluarganya untuk melihat langsung pesawat-pesawat tempur dan berinteraksi dengan para prajurit. “Ini pengalaman yang sangat berharga, terutama bagi anak-anak. Mereka jadi lebih mengerti tentang tugas TNI AU dan pentingnya pertahanan negara,” kata Ahmad.

Baca Juga  Ketua DPRD Provinsi Sumsel Menerima Audiensi Paguyuban Sate Madura (PSMP) Dan Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi)

Selain itu, acara ini juga diisi dengan berbagai atraksi menarik seperti flypast pesawat tempur, demonstrasi kemampuan personel TNI AU dalam menangani situasi darurat, serta penampilan drumband dari Akademi Angkatan Udara. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Anita Noeringhati juga menegaskan pentingnya dukungan semua pihak terhadap keberlangsungan kegiatan seperti ini. “Pemerintah daerah tentu akan selalu mendukung upaya-upaya yang positif seperti ini. Kami berharap sinergi antara TNI AU dan masyarakat bisa terus terjaga dan ditingkatkan,” tambahnya.

Baca Juga  Pentingnya Pencegahan untuk Perlindungan Keluarga dari Bahaya Demam Berdarah Dengue

Kehadiran Ketua DPRD Sumsel dalam acara ini menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang mendekatkan institusi militer dengan masyarakat. Dengan adanya acara seperti Open Base Jalak Sakti, diharapkan masyarakat semakin memahami peran penting TNI AU dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

Acara yang digelar dari pagi hingga sore hari ini tidak hanya menjadi ajang edukasi tetapi juga rekreasi bagi masyarakat Palembang dan sekitarnya. Dengan suasana yang penuh keakraban dan interaksi yang positif, Open Base Jalak Sakti di Lanud SMH Palembang sukses menciptakan kesan mendalam bagi seluruh pengunjung.