banner 1477x739

Jaring Talenta Qori-Qoriah Berprestasi, Herman Deru Buka MTQ Tingkat SMA/SMK Se-Sumsel

PALEMBANG,RBK – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru membuka secara  resmi Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)  tingkat SMA dan SMK Negeri Se-Sumatera Selatan (Sumsel) yang dilangsungkan di SMA Negeri 5, Senin (31/10) pagi.

Dalam arahnnya Gubernur Herman Deru mengatakan kegiatan MTQ  yang digelar sangat mulia karena akan  melahirkan qori dan qoriah yang  handal untuk mengharumkan nama Provinsi Sumsel ditingkat Nasional. Bukan itu saja, berlomba dalam  kebaikan akan mendapatkan nilai pahala yang sangak banyak serta melahirkan generasi yang unggul.

“Jika dikolaborasikan pendidikan imu pengetahunan disatukan pelajaran keimanan dan ketakwaan, akan menghasilkan generasi cerdas berwasasan dan  berahlakul karimah,” tuturnya.

Diakui Herman Deru, pelaksanaan MTQ ini seiring seirama dengan program Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel yakni satu desa satu rumah tahfidz.

“Di tahun ke dua HDMY jumlah rumah tahfidz di Sumsel telah mencapai 3.500 lebih. Hanya persoalanya  pada sebaran maka untuk itu saya intruksikan jajaran Disdik  fokus pada kegiatan belajar dan mengajar disekolah-sekolah, semua bisa dimuali dari SD hingga SMA atau sederajat,” katanya.

Keberanian mental akan melengkapi, lanjut Herman Deru,  ilmu pengetahuan kuaasai jika tidak berani tampil maka akan menjadi sia-sia, melatih keberanian mental bagi siswa dan siswi kedepan itu lebih panting.

“Mental bisa dibangun, jangan menjadi produk-produk yang cerdas, berakhlak tapi minder. Rendah diri yang tidak boleh, selalu merasa minder atau tidak konfident. Berani tampil justru peran yang sangat dominan didalam meraig kesuksesan,” pungkasnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Palembang Drs. Taufik. M. Si dalam laporannya mengatakan, peserta MTQ tingkat SMA dan SMK se-Sumsel  berjumlah 178 orang, dimana terbagi tilawah 78 orang dan hafidz ada 101 orang. MTQ  berlangsung  dari tanggal  sejak 31 Oktober hingga 2 November 2022.

“Diikuti sebanyak 47 sekolah,  dihadiri  14 perwakilan Kabupaten/kota. ini merupakan kebanggaan bagi kami yang dipelopori oleh kepala dinas pendidikan, Alhamdulillah semua ini dapat terlaksana atas dukungan dan suport dari pemerintah provinsi Sumsel,” tandasnya.

error: Content is protected !!