banner 1477x739

Pali  

Dihadapan Masyarakat Lunas Jaya, Kades Mengaku Salah dan Siap Kembalikan Sembako 

PALI–RBK-Tindak lanjut dari permasalahan bantuan Sembako dari PT Titan Grup untuk masyarakat Desa Lunas Jaya yang dibelanjakan kades tanpa musyawarah dan persetujuan masyarakat, sekarang kades mengakui kesalahannya dan siap bertanggung jawab,

Hal itu disampaikan kepala desa lunas jaya saat musyawarah yang di gelar badan permusyawaratan desa (BPD) atas desakan masyarakat beberapa hari terakhir sejak mencuatnya masalah tersebut.

Dari itulah BPD langsung menindak lanjuti permintaan masyarakat tersebut untuk dilakukan musyawarah di gedung serbaguna pada Rabu malam (19/10/2022). yang dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, Pemangku Adat Desa, Kapolsek Tanah Abang, dan Masyarakat Desa Lunas Jaya.

Baca Juga  Banjir Lagi, Kades Tanjung Dalam Ingatkan Warga Untuk Waspada 

Pada kesempatan itu, Tita Martina, mewakili masyarakat meminta Kepala Desa untuk menyampaikan apa yang sebenarnya terjadi sehingga bantuan dari perusahaan tersebut tidak sampai kepada masyarakat.

“Kepada bapak kepala desa kami masyarakat minta penjelasan apa yang sebenarnya terjadi” ujar Tita.

Di depan masyarakat, kepala desa lunas jaya, Rudi Junaidi, SH, Menjelaskan bahwa bantuan tersebut mamang sudah direalisasikan pihak perusahaan untuk masyarakat lunas jaya melalui Kades, dia menyebutkan bahwa bantuan tersebut berupa Corporate social responsibility (CSR).

“Sebelumnya saya selaku kedes meminta maaf, memang saya bersalah tanpa musyawarah dana CSR tersebut yang sebagian dari sembako memang sudah saya terima, saat itu saya diberi dua pilihan oleh pihak perusahaan, yang pertama sembako dan yang kedua bisa digunakan untuk pembangunan, berhubung kita membutuhkan kursi dan perlengkapan lainnya saya berinisiatif untuk keperluan tersebut.” Jelas Kades Lunas Jaya.

Baca Juga  Diprediksi Paling Lama Setahun Lagi, Jalan Jeramba Besi Akan Hancur Jika Tidak diperbaiki

Kades juga bersedia mengembalikan batuan tersebut kepada masyarakat sambil memohon maaf kepada masyarakat.

“Saya meminta maaf sebesar-besarnya, Saya siap mengembalikan bantuan tersebut, jumlahnya perlu masyarakat ketahui Rp 30.000.000, dan saya siap untuk mengembalikan uang tersebut.” Ujarnya,

Setelah kades mengakui dan meminta maaf, Perwakilan Masyarakat pun kembali bertanya guna persetujuan masyarakat satu suara, Dengan lantang dan seraya merasa lega, serentak masyarakat menjawab setuju,

Di akhir musyawarah, Kapolsek Kecamatan Tanah Abang juga memberikan arahan atas permasalahan yang terjadi di Desa Lunas Jaya, agar masyarakat terus menjujung kesatuan, kerukunan di desa.

Baca Juga  Petani Wajib Bersyukur Jalan Tebing Kawat Menuju Lahan Pertanian dibangun

“Permasalahan sudah selesai pak kades sudah mengakui kesalahannya, ke hilafanya dan siap mengembalikan, kita harus tetap jaga kesatuan, kerukunan di desa kita ini, karena desa ini sama seperti rumah kita sendiri, ini menjadi pelajaran untuk kita semua agar tidak terulang lagi.” ujar Kapolsek.

HS.